Minggu, 01 November 2009

PELANTIKAN GURU BESAR UNIVERSITAS MATHA’UL ANWAR (UNMA) BANTEN


Universitas Mathla”ul Anwar (UNMA) Banten pada hari Minggu tanggal 25 Oktober 2009 bertempat di aula Unma menyelenggarakan pelantikan Guru Besar Universitas Mathla’ul Anwar, dan pelantikan anggota senat Universitas Mathla’ul Anwar. Adapun anggota senat yang dilantik berjumlah 35 orang yang terdiri dari para guru besar dan perwakilan dari tiap-tiap fakultas yang berjumlah sebelas fakultas. Sedangkan guru besar yang dilantik berjumlah tujuh orang. Selain itu juga pada acara ini diadakan pelantikan 6 pegawai struktul di lingkungan rektorat Unma.

Acara pelantikan ini diselenggarakan secara sederhana dan hikmat dipimpin langsung oleh Rekor Unma Prof Dr. Ir. Herman Haeruman, Js, MF. FWAAS dan dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Besar Mathla’ul Anwar Drs. H. Irsjad Djuwaeli. Adapun ketujuh guru besar yang dilantik adalah sebagai berikut :

  1. Prof. Dr. Ir. H. Herman Haeruman, J.s MF
  2. Prof Dr. H. Bun Yamin Ramto, S.E
  3. Prof. Dr. Samsul Arifin Ahmad
  4. Prof Dr. Idrus Afandi
  5. Prof Dr. Novezar Jamarudin , M.Si
  6. Prof. Dr. Suparman Usman, S.H
  7. Prof Dr. Yoyo Mulyana, M.Ed
  8. Prof Dr. Yudhi S. Garno, APU

DAFTAR SENAT UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR YANG DILANTIK

  1. Prof. Dr. Ir. H. Herman Haeruman, J.s MF
  2. Prof. Dr. H. Bun Yamin Ramto, S.E
  3. Prof. Dr. Samsul Arifin Ahmad
  4. Prof .Dr. Idrus Afandi
  5. Prof. Dr. Novezar Jamarudin , M.Si
  6. Prof. Dr. Suparman Usman, S.H
  7. Prof. Dr. Yoyo Mulyana, M.Ed
  8. Prof. Dr. Yudhi S. Garno, APU
  9. Dr. H. Deddy M. Brawidjaya, M.Sc
  10. Dr. Ir. Ahmad Mukhlis Yusuf, M.Mgt
  11. Dr. H. Encep Syaripudin, M.Pd
  12. Taryanto, S.E., M.M
  13. Drs. H.A. Syhaduddin, M.M
  14. Drs. Jihaduddin, M.M
  15. Sanusi, S.E,. M.M
  16. Epi Hasan Rifai, S.H.,M.H
  17. Fitri Hilmayanti, M.Ed
  18. Sri Setiowati, S.Kom
  19. Ir. Enci Zarkasih, M.Pd.
  20. Ade Sumiardi, M.Si
  21. drh. Cahyan Sofyandi, M.Sc.,M.M
  22. Didi Mulyadi,.SKM.,M.Kes
  23. Drs. Ali Nurdin, M.Si
  24. Drs.Tahlal, M.Pd
  25. Dr. H.M Yani, S.H..M.M
  26. Drs. H. Syamsudin
  27. Upiyadi Mouslekh, S.H..M.H
  28. Ucu Chusna, S.H.,M.H
  29. Ma’sum, M.Pd
  30. Dian Ahdiana, S.Kom
  31. A. Iwan K,..S.T.,M.T
  32. Drs. H. Yoyo Iman Sutaryo
  33. Dadan Firdaus Setya P.,STP,.M.Si
  34. Hari Suharsa, SKM.,MKM
  35. Drs. Basyar, M.Si

Prof. Dr. Ir. Herman Haeruman Js. MF, FWAAS yang kini menjabat Rektor UNMA untuk periode kedua adalah seorang Guru Besar Manajemen Hutan IPB, memperoleh sertifikasi dosen internasional dengan gelar Follow world of arts and sciences (FWAAS), suatu gelar yang hanya dimiliki sedikit dosen di Indonesia. Dibidang social kemasyarakatan beliau termasuk salah satu pelaku aktif pendirian dan pembentukan Provinsi Banten.

Prof Dr. Bun Yamin Ramto, SE Guru Besar Ilmu Ekonomi, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dan mantan pejabat Depdiknas. Kontribusi beliau bagi UNMA sangat besar, beliaulah yang menggabungkan sekolah-sekolah tinggi di lingkungan Mathla’ul Anwar menjadi sebuah Universitas. Rektor pertama UNMA,

Prof. Dr. H. Yoyo Mulyana, M.Ed guru besar Bahasa Indonesia UPI Bandung, mantan Rektor Untirta dan kini diakhir karirnya bersedia mengabdi untuk Banten.

Prof. Dr. H. Suparman Usman SH. Ilmu Hukum, Dosen tetap IAIN Serang, sebagai bentuk pengabdiannya untuk Banten Wilayah Selatan beliau bersedia jadi Guru Besar UNMA.

Prof. Dr. Samsul Arifin Ahmad guru besar Ilmu Filsafat. Sebagai catatan diantara guru besar yang disebutkan di atas yang memiliki sertifikat dosen skala internasional yaitu Prof . Dr. Ir Herman Haeruman Js, MF. FWAAS.

Rektor UNMA dalam sambutannya mengatakan kedepan tantangan pendidikan akan semakin berat seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, sehingga semua dosen dan civitas akademika harus bahu membahu untuk mengimbangi tantangan tersebut.

UNMA harus mampu mewujudkan visi yang dimilikinya yaitu : Terwujudnya masyarakat akademik yang bertakwa, kerkwalitas, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu bersaing dalam beramal hanya karena Allah SWT.

Saat ini UNMA telah memiliki 11 Fakultas dan 22 Program Studi yang telah mendapatkan legalitas dari Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama. Kesebelas fakultas itu yaitu :

1. Fakultas Agama dengan program studi : (S1) Tarbiyah, (S1) Syari’ah dan Akta IV

2. Fakultas Ekonomi dengan Program Studi : (S1) Manajemen dan (S1) Akuntansi

3. Fakultas Hukum dengan Program Studi : (S1) Ilmu Hukum,

4. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dengan Peogram Studi : (S1) Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia dan Daerah

5. Fakultas Informatika Dan Komputer dengan Program Studi : (D3) Manajemen

Informatika dan (S1) Sistem Informasi

6. Fakultas Teknik dengan Program Studi : (S1) Teknik Mesin dan (S1) Teknik Sipil

7. Fakultas MIPA dengan Program Studi : (S1) Biologi, (S1) Kimia, (S1) Farmasi, (S1)

Matematika, (S1) Fisika

8. Fakultas Teknologi Pertanian dengan Program Studi : (S1) Teknologi Pangan

9. Fakultas Ilmu Kesehatan dengan Program Studi : (S1) Kesehatan Masyarakat

10. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik dengan Program Studi : (S1) Ilmu

Pemerintahan dan (S1) Ilmu Komunikasi

11. Fakultas Bahsaa dan Sastra dengan Program Studi : (S1) Bahasa Inggris

UNMA memiliki tenaga pengajar (Dosen) yang berasal dari lulusan perguruan tinggi terkemuka baik tingat nasional maupun internasional. Mereka sudah menempuh pendidikan S1, S2, dan S3. Saat ini UNMA sudah memiliki lebih dari 300 Dosen yang dibina oleh 8 orang guru besar (Profesor). Kemudian unutk menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa saat ini UNMA sudah memiliki gedung sendiri yang dilengkapi dengan Laboratarium Ilmu Pengetahuan Alam, Micro Teaching, Labolatarium Komputer, Laboratrium Kimia, Laboratarium Biologi, Laboratarium Hukum, dan Sarana peribatan (Masjid)

Jumlah mahasiswa UNMA secara keseluruhan sudah mencapai 8000 orang tersebar di 11 Fakultas dan 21 program studi. Tahun ajaran sekarang saja (2009-2010) jumlah mahasiswa UNMA tercatat 2.236 orang. Pada umumnya mahasiswa yang kuliah di UNMA itu berasal dari wilayah provinsi Banten yaitu Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tanggerang, Kota Tanggerang, Kota Cilegon. Bahkan ada juga mahasiswa yang berasal dari luar Banten seperti Jakarta, Lampung, Bogor, dan Sukabumi.

Adapun jumlah alumni Unma sudah mencapai 5000 orang, mereka tersebar bekerja diberbagai instansi, seperti : Instansi pemerintah, DPRD, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Swasta, Perbankan, Konsultan, Auditor/Akuntan, Wirausahawan, Analis, Lembaga Pendidikan, dan Advokat/Pengacara.

Dengan demikian kedepan nanti diperediksi UNMA terus akan mengalami perkembangan. Untuk itu pihak UNMA akan terus meningkatkan kwalitas pendidikan dan kwalitas pelayanan terhadap mahasiswanya. Pelantikan dewan guru besar ini merupakan salah satu upaya serius UNMA dalam meningkatkan kwalitas tenaga pendidik (Dosen) kampus UNMA. Dengan demikian UNMA sudah siap bersaing dengan perguruan tinggi swasta secara nasional dan bahkan siap untuk go internasionl.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar