Membawa Mathla'ul Anwar Abad XXI


MEMBAWA MATHLA’UL ANWAR

KE ABAD XXI

@ H.M. Irsjad Djuwaeli

Penerbit : PB. Mathla’ul Anwar

ISBN : 979-95158-0-7

Apakah yang akan terjadi pada organisasi besar seperti Mathla’ul Anwar (MA) pada abad ke 21 nanti ? Apakah ia semakin berkembang, mengalami kemunduran atau bahkan mati secara perlahan seperti dialami oleh beberapa organisasi kemasyarakatan lain ?

Pertanyaan seperti ini wajar muncul mengingat selama ini kita menyaksikan pasang surut sejak kelahirannya 93 tahun yang lalu. Perkembangan organisasi kemasyarakatan seperti Mathla’ul Anwar pada dasarnya tidak bisa dilepaskan dari perkembangan dan dinamika masyarakat itu sendiri. Sebab organisasi kemasyarakatan dibentuk dan berkiprah ditengah masyarakat. Maju mundurnya sebuah organisasi kemasyarakatan tentunya tergantung pada dukungan masyarakat itu sendiri. Jika dukungan masyarakat kuat, maka majulah organisasi kemasyarakatan itu, sebaliknya demikian pula akan mundur dan terbelakang.

Karena itu memprediksikan keadaan sebuah organisasi kemasyarakatan mendatang dasarnya adalah memprediksikan dan menganalisa kecendrungan kecendrungan yang akan terjadi pada masyarakat masa depan.

Kehadiran buku kecil ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai masa depan Mathla’ul Anwar, peluang-peluang dan tantangannya dalam menjalankan misi dakwah, pendidikan dan sosial di tengah-tengah masyarakat. Telaah mengenai peluang dan tantangan ini penting, sebab dengan mengenali keduanya kita dapat membuat perencanaan dan program-program strategis untuk masa depan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna dan Lambang Mathla'ul Anwar

Asal-Usul Khittah Mathla'ul Anwar dan Perubahan Maknanya

Perlunya Kawasan Industri Halal untuk UMKM