PROFIL UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR PANDEGLANG BANTEN


Analog dengan belahan dunia utara dan selatan yang dari perspektif sosial ekonomi mengalami kesenjangan yang cukup tajam, antara Banten belahan utara dan selatan juga mengalami kesenjangan serupa. Dari aspek ekonomi Banten utara relatif maju dan sejahtera dengan hadirnya sejumlah industri berikut infra dan supra stuktur yang memadai. Sebagian besar Banten selatan masih terisolir dari akses dari dan/atau ke pusat perekonomian.

Sebagaimana kita maklumi, infra struktur dan supra stuktur bukan faktor determinan tunggal kemajuan suatu masyarakat. Pendidikan sebagai ikhtiar sistematis guna meningkatkan ability sumberdaya manusia, merupakan faktor determinan yang tidak kalah penting.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan organisasi Mathla’ul Anwar membangun kampus perguruan tinggi yang secara geografis berjarak dari keramaian kota. Alasan lain, secara historis, organisasi Mathla’ul Anwar lahir di Menes, tidak jauh dari letak Kampus Universitas Mathla’ul Anwar. Terlepas dari alasan tersebut, lingkungan kampus yang hijau dan hening, sangat kondusif untuk kegiatan belajar mengajar.

Analog dengan belahan dunia utara dan selatan yang dari perspektif sosial ekonomi mengalami kesenjangan yang cukup tajam, antara Banten belahan utara dan selatan juga mengalami kesenjangan serupa. Dari aspek ekonomi Banten utara relatif maju dan sejahtera dengan hadirnya sejumlah industri berikut infra dan supra stuktur yang memadai. Sebagian besar Banten selatan masih terisolir dari akses dari dan/atau ke pusat perekonomian.

Sebagaimana kita maklumi, infra struktur dan supra stuktur bukan faktor determinan tunggal kemajuan suatu masyarakat. Pendidikan sebagai ikhtiar sistematis guna meningkatkan ability sumberdaya manusia, merupakan faktor determinan yang tidak kalah penting.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan organisasi Mathla’ul Anwar membangun kampus perguruan tinggi yang secara geografis berjarak dari keramaian kota. Alasan lain, secara historis, organisasi Mathla’ul Anwar lahir di Menes, tidak jauh dari letak Kampus Universitas Mathla’ul Anwar. Terlepas dari alasan tersebut, lingkungan kampus yang hijau dan hening, sangat kondusif untuk kegiatan belajar mengajar.





Sejarah Singkat




Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) merupakan manifestasi dari misi organisasi Mathla’ul Anwar (PBMA) dalam bidang pendidikan. Organisasi Mathla’ul Anwar telah memiliki sejarah panjang dalam peran serta di bidang pendidikan tingkat dasar dan menengah, yaitu semenjak awal pendiriannya hampir seabad yang lalu.

Mathla’ul Anwar merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki kepengurusan di 23 provinsi, berdiri di Menes Banten tahun 1916. Berbeda dengan organisasi kemasyarakatan lain yang telah sekian dasawarsa menyelenggarakan kegiatan level pendidikan tinggi, Mathla’ul Anwar memulai partisipasinya di tingkat pendidikan tinggi barulah mulai tahun 1988.

Tahun 1988 Pengurus Besar Mathla’ul Anwar, induk organisasi Mathla’ul Anwar, mendirikan Perguruan Tinggi Mathla’ul Anwar (PERTIMA) yang pada tahun 1994 berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI-MA). Tahun 1995 berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mathla’ul Anwar (STIE-MA) yang diikuti dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Hukum dan Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan pada tahun 1988, kesemuanya di bawah bendera Mathla’ul Anwar. Setahun kemudian berdiri pula Akademi Manajemen & Informatika.

Empat Sekolah Tinggi dan satu akademi tersebut pada 1 Januari 2000, dengan tambahan beberapa program studi, diintegrasikan menjadi sebuah Universitas dan diberi nama UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR. Sekolah tinggi nyang ada berubah bentuk menjadi fakultas-fakultas. Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) mendapatkan pengukuhan dari Departmen Pendidikan Nasional Agustus 2001 dengan SK Nomor : 115/D/O/2001.

Kini UNMA mengelola 23 program studi bidang eksak dan sosial yang telah memiliki legalitas, dengan mahasiswa tidak kurang dari 5.000 orang.






Visi




Terwujudnya masyarakat akademik yang bertaqwa, berkualitas, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu beramal hanya karena Allah SWT.






Misi




  1. Membina dan mengelola Pendidikan Tinggi yang berlandaskan kepada keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
  2. Menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengamalkannya dalam aspek kehidupan.
  3. Menyelenggarakan kajian-kajian kritis dan penelitian-penelitian teoritis serta empiris bermutu dalam bidang sosial, agama, sains dan kebudayaan.
  4. Menghasilkan ilmuan dan tenaga professional yang memiliki integritas dan kepedulian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan Agama Islam.
  5. Mencetak peneliti professional yang unggul secara intelektual dan tangguh secara moral.
  6. Mencetak pengabdi masyarakat yang tidak saja professional dalam bidang sosial keagamaan tetapi meiliki kesalehan sosial dan spiritual.






Tujuan Pendidikan




  1. Menyiapkan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menjadi ahli madya, sarjana, magister, dan doktor muslim yang kompetitif dan memiliki :
    • Penguasaan metodologis, teoritis dan praktis dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan Agama Islam secara mendalam dan komprehensif.
    • Pemahaman Islam dan nilai-nilai Islami yang utuh, luas dan benar.
    • Akhlak yang mulia dan memiliki kemampuan mengamalkan ajaran Islam serta bsa menjadi teladan bagi masyarakat serta piawai dalam memotivasi masyarakat agar selalu santun dan cermat dalam bertutur, bersikap dan bertindak.
    • Tanggungjawab, dedikasi dan kesadaran ilmiah yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan Agama Islam sesuai dengan nilai-nilai ke-Islaman dan ke-Indonesiaan.
    • Sikap kritis, jujur, transparan, demokratis dan arif dalam menyikapi berbagai perubahan dan dinamika masyarakat.
  2. Menjadikan Universitas Mathla’ul Anwar sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dinamis dan kompetitif dalam upaya :
    • Mewujudkan masyarakat ilmiah yang independen dan bertanggungjawab.
    • Memberikan kontribusi terhadap proses pembangunan masyarakat Banten khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya, dalam upaya memperkuat landasan spiritual, moral dan etika pembangunan bangsa dalam bingkai kebhinekaan budaya.
    • Memanjukan, menciptakan, dan menyebarkan ilmu pengetahuan, khususnya melalui riset dan eksperimen serta membekali keahlian yang relevan untuk membantu masyarakat dalam pengembangan dan penguatan budaya, sosial dan ekonomi.
    • Membantu untuk memahami, menafsirkan, memelihara, memperkuat, mengembangkan, dan menyebarkan budaya lokal, regional, nasional, dan internasional dalam pluralisme budaya.
    • Memberikan kontribusi kepada pembenagunan dan peningkatan kualitas pendidikan Mathla’ul Anwar pada semua jenjang pendidikan.






Struktur Organisasi




Badan Penyelenggara

:

Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA)

Ketua Umum

:

Drs. HM Irsjad Djuwaeli




Senat Universitas




Ketua

:

Prof. Dr. Ir. H. Herman Haeruman Js, M.F.

Sekretaris

:

Dr. Deddy M. Barmawidjaya, M.Sc.

Guru Besar / Anggota

:

Prof. Dr. Bun Yamnin Ramto, SE

Guru Besar / Anggota

:

Dr. Syamsul Arifin Ahmad

Guru Besar / Anggota

:

Prof. Dr. Novezar Jamarun, M.Si

Guru Besar / Anggota

:

Dr. Ir. Yudhi S. Garno, APU.

Pembantu Rektor II/Anggota

:

Taryanto, S.E. M.M.

LP3M Universitas

:

Anggota

Dekan Fakultas Agama

:

Anggota

Dekan Fakultas Ekonomi

:

Anggota

Dekan Fakultas Hukum

:

Anggota

Dekan Fakultas FKIP

:

Anggota

Dekan Fikom

:

Anggota

Dekan Fakultas Teknik

:

Anggota

Dekan Fakultas Pertanian

:

Anggota

Dekan Fakultas Kesehatan

:

Anggota

Dekan FISIP

:

Anggota

Dekan Fakultas Bahasa Dan Sastra

:

Anggota

Dr.H.Encep Syarifudin, M.Pd.

:

Anggota




Lembaga Penelitian Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat




Ketua

:

Drs. H. Supartawidjaya, MM

Sekretaris

:

Ajat Sudrajat, M.Pd.

Bendahara

:

Ahmad Supena, S.Pd.




Divisi-Divisi




Divisi Pengelolaan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat

Koordinator

:

Drs. Sopin Hadi, S.H. M.Si.




Divisi Pengelolaan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Koordinator

:

Ir. Susilo




Divisi Pengelolaan Pengembangan

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

:

Personil Biro Administrasi Unma dan
Perwakilan dosen/Struktur fakultas
di lingkungan Unma




Pimpinan Universitas




Rektor

:

Prof. Dr. Ir. H. Herman Haeruman Js., M.F.

Pembantu Rektor I

:

Dr. Deddy M. Barmawidjaya, M.Sc.

Pembantu Rektor II

:

Taryanto, S.E., M.M.

Pembantu Rektor III

:

Drs. H.A. Syihabudin, M.M.




Biro Administrasi






Kepala Biro

:

Upiyadi Mouslekh, S.H., M.H.

Kepala Bagian Umum

:

Abdurohim S.E.

Kepala Bagian Keuangan

:

Uun Kurniawati, S.E.

Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

:

Nono Arief Rachman, S.E.


Sub Bagian Umum



Bagian perlengkapan

:

-

Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga

:

-

Bagian Pelayanan Hukum

:

-

Sub Bagian Keuangan

:

-

Bagian Pengelolaan Keuangan

:

-

Bagian Verifikasi

:

-


Sub Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

Bagian Adm. Akademik

:

-

Bagian Adm. Kemahasiswaan

:

-


Sub Bagian Perencanaan, Kerjasa dan Humas

Bagian Perencanaan

:

-

Bagian Kerjasama

:

-

Bagian Pelayanan Humas

:

-




Unit Pelaksana Teknis






Kepala Perpustakaan

:

Aceng Abdul Qodir, S.Ag.

Kepala Pusat Laboratorium Komputer

:

Saeful Falah, S.T.

Kepala Lembaga Bahasa & Budaya

:

-









Fakultas dan Program Studi




No

Fakultas

Program

Legalitas

Strata

Akreditasi

Diknas

Depag


1

Agama

Syariah


E/108/2000

S-1




Tarbiyah


E/108/2000

S-1

BAN PT-B

2

Ekonomi

Manajemen

310/D/T/2001


S-1

BAN PT-C



Akuntansi

115/D/O/2001


S-1


3

Hukum

Ilmu Hukum

115/D/O/2001


S-1

BAN PT-C

4

Keguruan & IlmuPendidikan

Diksatrasiada

115/D/O/2001


S-1

BAN PT-B

Pend. Bhs. Inggris

1823/D/T/2005


S-1




Pend. Matematika

4225/D/T/2004


S-1


5

Informatika & Komputer

Mnj. Informatika

115/D/O/2001


D-3


Sistem Informasi

3739/D/T/2006


S-1


6

Teknik

Teknik Mesin

115/D/O/2001


S-1




Teknik Sipil

2994/D/T/2004


S-1


7

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Biologi

115/D/O/2001


S-1


Kimia

115/D/O/2001


S-1


Farmasi

2021/D/T/2004


S-1


Matematika

4864/D/T/2004


S-1


Fisika

4864/D/T/2004


S-1


8

Teknologi Pertanian

Teknologi Pangan

115/D/O/2001


S-1


9

Ilmu Kesehatan

Kes. Masyarakat

2021/D/T/2004


S-1


10

Ilmu Sosial &

Ilmu Pemerintahan

2994/D/T/2004


S-1



Ilmu Politik

Ilmu Komunikasi

2994/D/T/2004


S-1


11

Bahasa & Sastra

Bhs & Sastra Inggris

4864/D/T/2004


S-1







Mahasiswa




Jumlah mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar pada semester ganjil tahun akademik 2008/2009 tercatat 7436 orang, terdiri dari :

No

Fakultas

Prodi

Tahun

Total

1999

2000

2001

2002

2003

2004

2005

2006

2007

2008

1

Agama

Syari'ah



0

1

1

0

1

1

1

1

6

Tarbiyah



1

0

4

16

75

193

110

91

490

PGMI



0

2

5

10

46

37

0


100




0

0

1

3

10

26

136

240

111

92

619

2

Ekonomi

Manajemen

4

8

15

24

20

112

95

64

104

103

549

Akuntansi





1

3

14

15

10

22

65




4

8

15

24

21

115

109

79

114

125

614

3

Hukum

Ilmu Hukum

1

0

15

15

39

216

193

216

259

192

1146

4

FKIP

Matematika

2

5

25

41

141

73

96

232

235

233

1083

Diksatrasiada

2


84

184

239

131

237

390

254

175

1696

Bahasa Inggris


8

12

42

90

43

117

140

223

193

868




4

13

121

267

470

247

450

762

712

601

3647

5

FIK

Mnj. Informatika



2

3

6

5

18

27

29

15

105

Sistim Informasi








8

44

63

115




0

0

2

3

6

5

18

35

73

78

220

6

Teknik

Teknik Mesin



10

1

5

12

5

8

8

20

69

Teknik Sipil






13

10

9

8

6

46




0

0

10

1

5

25

15

17

16

26

115

7

MIPA

Kimia



2


1

19

7

13

7

11

60

Biologi




4

9

11

10

24

13

29

100

Farmasi




8

10

7

12

14

17

29

97

Matematika







1

1

2

3

7

Fisika









5

1

6




0

0

2

12

20

37

30

52

44

73

270

8

FTP

Tek. Pangan

0

0

2

15

5

19

21

24

25

35

146

9

FIKes

Kes. Masyarakat

0

0

0

12

11

0

10

15

42

23

113

10

FISIP

Pemerintahan





36

100

58

70

97

119

480

Komunikasi








8

0


8




0

0

0

0

36

100

58

78

97

119

488

11

FASA

Bahasa Inggris

0

0

0

0

6

0

20

23

9


58

Jumlah

9

21

168

352

629

790

1060

1541

1502

1364

7436






Dosen




Dosen UNMA berpendidikan S-1, S-2, dan juga S-3. Dosen yang ada dibina oleh 5 orang guru besar (perofesor). Jumlah dosen masing-masing fakultas/program studi adalah sebagai berikut

No

Fakultas

Program Studi

Jumlah

1

Agama

Syariah

18

Tarbiyah

18

2

Ekonomi

Manajemen

20

Akuntansi

10

3

Hukum

Ilmu Hukum

24

4

Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pend. Bahasa Indonesia

39

Pend. Bahasa Inggris

5

Pend. Matematika

3

5

Informatika dan Komputer

Manajemen Informatika

17

Sistem Informasi

17

6

Teknik

Teknik Mesin

22

Teknik Sipil

5

7

Matematika dan Ilmu PengetahuanAlam

Biologi

19

Kimia

14

Farmasi

8

Matematika

3

Fisika

5

8

Teknologi Pertanian

Teknologi Pangan

33

9

Ilmu Kesehatan

Kesehatan Masyarakat

30

10

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Ilmu Pemerintahan

15

Ilmu Komunikasi

3

11

Bahasa dan Sastra

Bahasa dan Sastra Inggris

3

Total

367






Sarana dan Prasarana




UNMA telah memiliki kampus di atas lahan 6 hektar di Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang. Di atas lahan tersebut telah terdapat4(empat) gedung utama, terdiri dari dua gedung dengan 2 (dua) lantai, satu gedung 3 (tiga) lantai, dan satu gedung perpustakaan, serta Mushola.

Kapasitas bangunan yang tersedia belum mampu menampung jumlah mahasiswa yang sekarang aktif belajar di UNMA. Untuk itu penambahan kapasitas perlu dilakukan, meliputi ruang kelas, kantor fakultas, serta sarana ekstra kurikuler bagi mahasiswa berupa open room.

Mengingat sebagian mahasiswa UNMA berdatangan dari tempat-tempat yang cukup jauh, tersedianya asrama mahasiswa akan sangat membantu. Selain itu UNMA juga memerlukan auditorium dengan kapasitas minimal 1.500 orang, yaitu untuk keperluan pertemuan, kuliahumum, seminar, wisuda, dan juga keperluan lain.






P e n u t u p




Dalam kurun waktu relatif pendek, UNMA mengalami kemajuan yang cukup berarti. UNMA memiliki potensi untuk terus berkembang. Potensi terbesar UNMA ada pada komitmen dan dedikasi pengelola. Namun demikian perlu adanya dukungan riil dari berbagai pihak, mengingat fasilitas berupa sarana dan prasarana yang tersedia belum sebanding dengan jumlah mahasiswa yang ada.

Sebagai provinsi muda, Banten yang memiliki potensi sumberdaya alam yang sangat menjanjikan, memerlukan upaya-upaya serius untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia secara intensif dan ekstensif. Pendidikan dapatlah dikatakan menjadi satu-satunya metodeuntuk mewujudkan hal itu.



Rektor




Prof. DR. Ir. H. Herman Haeruman Js, M.F., FWAAS

Komentar

  1. SAYA OCA SALAH SATU SISWA SMK 17 KOTA SERANG SAYA BERANCAN KULIAH DI KAMPUS UNMA, TAPI ADA SATU KENDALA SAYA BINGUNG MAU MASUK PAKULTAS APA SEMENTARA SAYA SEKARANG AMBIL JURUSAN SAKERTARIS YANG COCOK DENGAN SAYA MASUK PAKULTAS APA

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna dan Lambang Mathla'ul Anwar

Asal-Usul Khittah Mathla'ul Anwar dan Perubahan Maknanya

Perlunya Kawasan Industri Halal untuk UMKM